Sunday, March 9, 2014

Survey Auditorium Manggala Wanabakti

Haii capeng-capengs!
Aku kembali dan mau cerita soal penjelajahan gedung weekend kemarin.
Cekidoottt..

Udah tau dong ya dilihat dari judulnya gue mau bahas apa.. hihi
Oke, jadi hari sabtu tgl. 8 Maret 14 kemarin gue dan Dimas pergi ke Manggala Wanabakti untuk lihat gedungnya dan ruangannya. Di sini ada 3 ruangan:
- Auditorium (Kapasitas 1500-3000 orang)
- Rimbawan I (Kapasitas 1000-1500 orang)
- Rimbawan II (Kapasitas 500-800 orang)

Ini adalah salah satu gedung incaran kita (dan camer). Karena letaknya strategis plus nggak jauh dari rumah kita. Rumah cami di Meruya, Jakbar dan rumah gue di Karawaci, Tangerang. Selain itu yaa siapa sih yang nggak tau Manggala Wanabakti? Gue rasa rata-rata orang pasti tau sih, secara gedung ini udah eksis dari jaman kapan bokk.
Well, karena gue berencana untuk mengundang 1200-1500 orang (atau mungkin lebih), maka kita berniat untuk survey ruang auditorium dan Rimbawan I aja. Kita sampai di sana jam 5 kalo nggak salah, padahal rencana awalnya mau jam 4 sampai sana biar leluasa lihat-lihatnya, tapi apa daya kita tidak bisa menaklukan macetnya Jakarta dan Tangerang. Huhu.

Ruang pertama yang kita lihat adalah ruang auditorium. Pertama kali lihat, dari lorong depan, dalam hati masih "Okay, lumayan bagus..". Nanti gue kasih lihat foto-fotonya yaa di bawah. Setelah itu sambil foto-foto kita terus jalan ke dalam dan ketika menginjakkan kaki masuk ke dalam ruangannya, dalam hati langsung teriak "WOW!! AMAZING!! THIS IS AWESOME!!" (lebay ga sih gue? nggak kan ya?).
Itu kalo nggak banyak mas-mas yang lagi nyiapin catering dan mas-mas fotografer yang lagi nyiapin lighting, mungkin gue udah teriak beneran kali. Namun karena mengingat saya masih punya malu, jadi ya saya tahan teriakan itu dalam hati saja.

Kita mulai bahas dari pintu masuk yaa.
Pertama, pintu masuk sih standar yaa. Tinggal tergantung pihak dekorasi aja gimana bikin dekornya. Yang pasti jarak dari pintu masuk sampai ke penerima tamu itu lumayan jauh. Bisa dibikin yang unik-unik sepanjang 'path' itu. Kalau dekorasi yang kemarin gue lihat itu di depan ada meja konsul dengan foto-foto prewed sang pengantin, lalu ada pergola juga lalu di samping kanan kiri di buat taman. Bahkan sampai ada gubuk atau bale dan sumur-sumuran segala. Tapi maasf gue nggak sempet nanya dekorasinya siapa yang perform kemarin, yang gue tau cuma catering yang sedang perform kemarin ialah Gandrung. Kita sempet ketemu marketingnya juga, ngobrol-ngobrol sebentar dan disuruh telfon ke kantornya dan sang marketing ngasih nomor HP juga sih. Nanti akan gue bahas soal Gandrung di post gue selanjutnya ya yang membahas soal catering.
Yang gue suka dari part di depan ini adalah karena di sebelah kanan lorong ini ada kaca transparan dan kita bisa lihat taman di sisi luarnya. Itu bikin adem dan asri.
Ini penampakannya:

Pintu masuk


Lorong menuju penerima tamu


Saung atau bale di sisi kiri lorong masuk


Taman dan sumur-sumuran di sisi kanan lorong masuk  (Itu si cami numpang eksis. Hihi..)


Lorong masuk, lumayan panjang yahh


Meja penerima tamu



Kedua, jadi sebelum masuk ke ruangan utamanya, setelah penerima tamu itu ada ruangan yang space nya cukup besar dan bisa digunakan untuk menaruh makanan, baik buffet maupun gubukan.Dan di sini pun bisa menampung orang cukup banyak. Menurut perkiraan gue sih bisa menampung sampai 500-700 orang ya.
Berikut penampakannya:

Ini letaknya bagian sayap kanan gedung, sayap kirinya hanya ada space sedikit


Pergola setelah penerima tamu


Lampu pergola


Ketiga, nah ini bagian utamanya nih. Di sini ruangannya luassssss buangetttt. Ada pelaminan, space untuk catering, VIP room, panggung dan pelataran gitu, kayaknya itu untuk gamelan deh. Gue suka banget sama suasana 'njawani' nya itu. Karena di pelataran itu dindingnya terbuat dari ukiran kayu, lalu dinding sebelah kanan juga dari kayu, ceiling nya pun selain tinggi banget, jadi sesuai dengan keinginan gue yang pingin punya pelaminan tinggi :) ceiling nya juga terbuat dari kayu-kayu bercelah gitu dan warna-warni. Me like it!!
Ini beneran lega banget, yakin deh dengan tamu undangan gue yang 1500 orang mah bisa main bola kali di dalem situ *lebay. VIP room nya juga cantik banget, ada lampu-lampu dindingnya yang berwarna kuning bikin suasana hangat.
Berikut penampakannya:

See?? Cantik banget yaa ceiling nyaaaa >,<


Di sebelah kiri ada banyak tempat duduk


Dekor catering


Lega yaaa + Pelaminan tinggi


Detail pelaminan gebyok


VIP Room


Nah ini pelataran yang gue bilang, aslinya bagus banget! Maaf fotonya agak blur


Panggung untuk entertainment dan big screen


Model pondokan


Tapi yang disayangkan adalah pelaminannya lebih rendah dari panggung maupun pelataran yang tadi gue bilang. Masa tinggian penyanyinya daripada mantennya? Yahh paling ini PR aja buat gue nanti kalau jadi pakai gedung ini (Insya Allah, amiin.) gue mau request ke pihak dekor untuk bikin pelaminan yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk ruang Rimbawan I, kita ga bisa lihat banyak. Cuma bisa lihat depannya aja, secara pas kemarin kita ke sana udah jam setengah 6 dan pengantinnya udah berdiri cantik bersama keluarga dong di pergola jalan. Mungkin ndese lagi latihan kali yaa. Jadi karena kita nggak enak masuk-masuk ke dalam, ya cuma bisa dapet satu jepretan foto aja deh.

Pergola jalan

Yaa overall gue lebih suka dengan ruang auditoriumnya (Ya iyalaahhh!!).
Walaupun belum lihat rimbawan, tapi sempet lihat review nya di blog-blog tetangga dan review dari para marketing catering yang baik hati, seenggaknya gue udah dapet gambaran ruang rimbawan itu seperti apa. Yang jelas tidak semegah ruang auditorium pastinya. Ditambah lagi si cami maunya gedung yang ceiling nya tinggi, jadi ndese jatuh cinta untuk yang kedua kalinya (yang pertama sudah pasti saya dong.. hihi).

Papa mama camer juga seneng banget dan mau banget pakai gedung ini (Ruang auditorium), kalau papa mamaku setuju-setuju aja. Kebetulan kakaknya cami dulu nikahnya di sini. Jadi papa mama camer mungkin juga udah merasa cocok dengan pelayanannya.

Sekarang kita bicara soal harga. Nahh ini kan yang ditunggu-tunggu?? *grin
Beberapa minggu yang lalu gue telfon ke pengelola gedung Manggala Wanabakti untuk tanya semua-muanya. Secara marketing gedung ini libur pas weekend, sedangkan gue sama cami cuma bisa keliling kalau weekend. So gue tanya-tanya aja via telfon, jadi pas dateng tinggal survey aja sama minta katalog. Jadi kita akan dikasih (harus minta ke petugas pengelola tapi yaa) katalog, itu isinya semua vendor-vendor rekanan Manggala Wanabakti. Duh tapi saya lupa foto, dibayangin aja sendiri ya gimana buku katalognya. *Jewer

Harga untuk 2015:
1. Ruang Auditorium
    - Siang: Rp. 23.500.000
    - Malam: Rp. 24.500.000
     Harga sudah include PPN + karpet jalan + surat ijin kepolisian)
     Fasilitas: Kursi futura polos 300 buah, keamanan, car call, ruang VIP, ruang rias, sound system standar
     (hanya untuk MC), telfon, 5 mic kabel, listrik 10.000 watt, AC.  

     Pemesanan catering: Minimal 1250 porsi
     Charge Non-rekanan: - Photography: Rp. 1.500.000
                                       - Entertainment: Rp. 1.000.000
                                       - Dekorasi: Rp. 4.000.000
                                       - MUA: Tidak ada charge

2. Ruang Rimbawan I
    - Siang & mala sama: Rp. 11.900.000
     Harga sudah include PPN + karpet jalan + surat ijin kepolisian)
     Fasilitas: Kursi futura polos 300 buah, keamanan, car call, ruang VIP, ruang rias, sound system standar
     (hanya untuk MC), telfon, 5 mic kabel, listrik 10.000 watt, AC.  

     Pemesanan catering: Minimal 800 porsi
     Charge Non-rekanan: - Photography: Rp. 1.000.000
                                       - Entertainment: Rp. 750.000
                                       - Dekorasi: Rp. 2.500.000
                                       - MUA: Tidak ada charge


Pengelola Gedung Manggala Wanabakti
Telp: 021-5703246 ext. 5190
         021- 5732707
CP: Mba Mela, Ibu Novi, Ibu Iis.

Waktu kemarin aku telfon yang melayani Mba Mela. Ndese baik dan ramah banget. Juga dengan sabar menjawab dan jelasin apa yang kita tanyakan. Bukan tipe-tipe marketing yang males jelasin, yang kalo ditanya jawabnya buru-buru, bahkan ada yang cuma jawab "Mbaknya dateng dulu aja yaa." dan senjatanya adalah "Iya kan bisa sekalian ambil brosur.."
Orang nanya via telfon kok malah disuruh dateng. Kalo gue punya waktu banyak juga gue akan dateng sendiri ga usah disuruh. Soal brosur mah, yaelah hari gini masih aja. Hellloooww udah jaman canggih gini, soal gitu2an mah bisa gue cari di internet. * Loh kok jadi curhat.

Okei, sekian review Manggala Wanabakti dari gue. Semoga membantu yaa.
:*

14 comments:

  1. halo silvia.. aku juga insya Allah mau pake manggala nih desember 2014.
    makasih ya foto2 & infonya, membantu sekali.
    semoga lancar persiapannya yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Shanti..

      Alhamdulillah kalau membantu.. Walaupun gue ga jadi pake Manggala.. huhu

      Sama-sama :)
      Aamiin

      Delete
  2. terima kasih atas ulasannya mbak, tapi kenapa ngga jadi pake manggala mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kita memutuskan untuk memakai gedung yang lebih murah.. biar charge nya juga ga tinggi.. yaa lebih masuk dengan budget kita lah begitu kira2 :)

      Delete
  3. Hallo silvia ,,,kalo boleh tau rekanan cateringnya bs diinfo gk ad siapa aja ?rencana sih mw survey yg rimbawan 2,,tp blm tw ,jd hopless klo trmyata mahal2 jatohnya ya

    ReplyDelete
  4. Hallo silvia ,,,kalo boleh tau rekanan cateringnya bs diinfo gk ad siapa aja ?rencana sih mw survey yg rimbawan 2,,tp blm tw ,jd hopless klo trmyata mahal2 jatohnya ya

    ReplyDelete
  5. Halo silvia, boleh tau km jadinya pake gedung apa buat nikahan dulu? Dan biayanya brp?
    Aku lg cari2 gedung kalo bs sih yg murah hehe

    ReplyDelete
  6. Paket Pernikahan di Patra Jasa (Jl. Jend. Gatot Subroto. Kav 32-34, Jakarta Selatan):
    - Fasilitas Gedung,
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang,
    - Mobil Pengantin Alphard (FREE HONEYMOON 3D2N di Bali & masih banyak lagii)
    Segera hubungi marketing HIS Wedding Patra Jasa: 081316692759 (fitria)

    ReplyDelete
  7. HIS CORP present,
    Wedding Package at Patra Jasa Office Tower
    PATRA JASA YUDISTIRA BALLROOM (New Concept)
    (Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 32-34 Jakarta Selatan):

    - Fasilitas Gedung kapasitas 1500 orang (Full AC & Full karpet),
    - Free Parking gedung 10 slot
    - Dekorasi,
    - Catering 800 pax,
    - Rias & Busana, hingga 22 orang
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - 1 orang Wedding Consultant
    - Mobil Pengantin Alphard
    - Homeland Residence Patraland 3 kamar, 2 lantai, dan private pool 2D1N


    FREE HONEYMOON 3D2N at Ayana Resort, Bali + Voucher flight / Logam Mulia 5gr (tanpa diundi) & masih banyak lagi

    Get That All Special Package with booking fee Rp 10 juta to save your date and prices.


    HIS Wedding Patra Jasa : 081808851721 (Wishnu)

    ReplyDelete
  8. Paket Pernikahan di HIS K-LINK TOWER
    PAKET SUDAH TERMASUK:
    1. Venue FULL CARPET di K-LINK TOWER BALLROOM
    2. Catering
    3. Dekorasi All Area
    4. Paket Make Up & Busana
    5. Dokumentasi
    6. Music Entertainment
    7. MC Hits Jakarta
    8. Wedding Organizer (WO)
    9. Wedding Car
    10. Wedding Consultant
    BONUS PROMO:
    Honeymoon Japan 5D4N + Voucer Flight & Masih banyak lagi
    silahkan menghubungi 081290005219 / Farika

    ReplyDelete
  9. Paket Pernikahan di HIS K-LINK TOWER
    PAKET SUDAH TERMASUK:
    1. Venue FULL CARPET di K-LINK TOWER BALLROOM
    2. Catering
    3. Dekorasi All Area
    4. Paket Make Up & Busana
    5. Dokumentasi
    6. Music Entertainment
    7. MC Hits Jakarta
    8. Wedding Organizer (WO)
    9. Wedding Car
    10. Wedding Consultant
    BONUS PROMO:
    Honeymoon BALI 3D2N, MUA by BUBAH ALFIAN, FINE GOLD 5GR, PHOTOBOOTH 2 JAM UNLIMITED DAN MASIH BANYAK LAGI
    silahkan menghubungi 081290005219 / Farika

    ReplyDelete
  10. Brp biaya sewa gedungnya utk 2019 ya

    ReplyDelete
  11. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    ReplyDelete
  12. Hi All, Yang Mau Over DP Gedung Manggala Wanabakti Auditorium (kapasitas bisa mencapai 2000 - 2500 orang). Super luas dan biasa juga di pakai untuk meeting - meeting kenegaraan. Untuk tanggal 15 Feb 2020 (Siang) (1 hari setelah hari valentine) bisa menghubungi WA : 08998950732. Aku udah DP 5 juta, untuk over DP nya nego. Terima Kasih

    ReplyDelete